Struktur Dasar Dokumen HTML


Dokumen html memiliki sebuah struktur yang harus kita ikuti aturan pembuatannya. Pada Artikel ini, kita akan mengenal beberapa elemen-elemen wajib yang ada pada file html apabila kita ingin membangun suatu pondasi kerangka website. Element tersebut diantaranya:

1. Elemen HTML
Elemen HTML merupakan tag dasar apabila kita ingin memulai suatu dokumen html. Secara logika, jika kita menemukan tag ini, berarti secara jelas dapat di definisikan bahwa dokumen ini merupakan suatu dokumen html. Tag ini merupakan perintah wajib bagi pemrograman web untuk menuliskan tag dalam html. Contoh tag-nya adalah : <html> dan diakhiri dengan </html>

2. Elemen Head
Head merupakan tag berikutnya setelah html (<html>), yang berfungsi untuk menuliskan keterangan tentang dokumen web yang akan di tampilkan. Elemen ini nanntinya akan diakhiri dengan tanda penutup </head>. Jadi jika secara runtun dapat dituliskan format berikut:

<html>
<head>
</head>
</html>

3. Elemen Title
Elemen Title merupakan suatu elemen yang harus dituliskan didalam elemen head yang digunakan untuk memberikan judul / informasi pada caption browser web tentang topic / tema atau judul dari suatu dokumen web yang ditampilkan pada browser. Berikut struktur penggunaannya :

<html>
<head>
     <title> Tuliskan Judul disini </title>
</head>
</html>

4. Elemen Body
Elemen body merupakan bagian utama dalam dokumen web. Jika kita ingin menampilkan suatu teks atau informasi atau yang dikenal dengan sebutan konten, maka kita harus meletakan teks tersebut pada elemen body. Struktur elemennya sebagai berikut:

<html>
<head>
     <title> Tuliskan Judul disini </title>
</head>
<body>
Tuliskan Konten Disini
</body>
</html>
Previous
Next Post »
Thanks for your comment