Pemrograman Web


Pemrograman Web sendiri tidaklah sederhana karena banyak sekali teknologi yang ada di dalamnya. Teknologi in terus berkembang dan bertambah banyak sehingga anda akan menemukan banyak istilah dan juga bayak bahasa-bahasa yang digunakan ntuk membangun sebuah halaman website. Anda tidak perlu menguasai semua bahasa yang digunakan atau yang ada didunia ini karena akan menghabiskan hidup anda. Kuasai beberapa secara mendalam maka niscaya anda akan bisa membuat website dengan baik dan tidak kalah canggihnya dengan yang lain. Walaupun anda tidak perlu meguasai semua bahasa ini, tidak ada salahnya anda mengenal beberapa teknologi ini. yang termasuk dalam kategori bahasa pemrograman web, diantaranya :

1. Bahasa Pemrograman HTML
Bahasa pemrogaraman paling dasar

2. Bahasa Pemrograman PHP
PHP

3. Bahasa Pemrograman ASP
ASP merupakan singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemrograman web yang digunakan untuk menciptakan web yang dinamis. ASP mirip dengan PHP, yaitu bekerja pada sisi Server Slide Scripting. ASP merupakan slah satu produk teknologi yang deisediakan Microsoft.

4.
 Bahasa Pemrograman XML
Extensible Markup Langueage atau yang lebih dikenal dengan istilah XML merupakan bahasa markup yang serbaguna yang direkomendasikan oleh W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tag seperti halnya HTML. Namun penggunaanya juga dapat dijadikan sebagai pembuat tanda markup pada sebuah dokumen.

5. Bahasa Pemrograman WML
WML, Wireless Markup Language merupakan bahasa pemrograman yabg digunakan dalam aplikasi berbasis XML (Extensible Markup Language). Terlihat dari namanya, bahasa pemrogaraman ini digunakan dalam aplikasi berbasis Wireless. WML merupakan analogi dari html yang berjalan pada protocol nirkable.

6. Bahasa Pemrograman PERL
Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi berbasis Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX),  juga tersedia operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC, PERL merupakan bahasa pemrograman yang mirip bahasa pemrograman C.

7. Bahasa Pemrograman CFM
CFM dibuat menggunakan tag  ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / ColdFusion Studio. Syntax coldfusion berbasis html.

8. Bahasa Pemrograman JavaScript
Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client. JavaScript merupakan sebuah bahasa yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk menjalankan Script yabg ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.

9. Bahasa Pemrograman CSS

10. Bahasa Pemrograman JSP
JSP yang memiliki kepanjangan dari Java Server Page yang merupakan halaman yang menggabungkan html dengan scripting tag dan programan java. JSP bertujuan untuk menyederhanakan pembuatan dan manajemen halaman web yang bersifat dinamis, dengan cara memisahkan konten dan persentasi. Pada saat JSP dipanggil client melalui web browser, JSP tersebut akan dikompile terlebih dahulu menjadi servlet dan kemudian hasilnya dikembalikan ke client.

11. Bahasa Pemrograman Ruby
Apa yang terpikir oleh anda mengenai pemrograman yang satu ini ?
Banyak yang beranggapan bahwa Ruby adalah C ataupn PERL namun kenyataanya adalah berbeda sama sekali walaupun konsepnya benar. Ruby merupakan bahasa pemrograman dinamis yang berorientasikan pada obyek. Tujuan daru Ruby adlah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa bahasa pemrograman script yang ada didunia dan ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman dasar C dan kemampuan dasar seperti Perl dan Phyton.

12. Bahasa Pemrograman Phyton
Apakah anda juga menganggap Phyton itu Ular ? Namanya memang nama ular namun yang kita bahas disibi bukanlah ular beneran namun bahasa pemrograman yang namanya Phyton. Phyton, merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi  pada obyek.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment