Mengenal HTML5


Saat ini, html 5 yang paling marak dibicarakan didunia maya oleh karenanya, penulis merasa tertarik utuk berbagi dengan pembaca sekalian mengenai html 5. Apa sih kelebihan dan keunggulan dibalik pemrograman html 5 ? mungkin ini dia pertanyaan yang paling sering diajukan pada milis-milis.

Html 5 layaknya sebuah html biasa yang seing kita gunakan dalam membangun aplikasi web, hanya html 5 ini memiliki keunggulan dibanding versi terdahulunya. Ya tentu saja, kalau tidak ada perbedaannya, buat apa merilis versi terbaru ? Html 5 juga mampu menyederhanakan kode kode html terdahulu menjadi lebih ringkas.

Hal yang paling mencolok yang penulis lihat adalah tersedianya fitur baru yang seperti elemen multimedia, misalnya <audio> dan <video>, yabg tak lain adalah fungsi untuk memutar video dan juga audio. Pada versi html sebelumnya, jika anda ingin memutar perangkat multimedia, haruslah menggunakan perintah <embed>. dengan adanya penambahan fitur dan tag khusus yang ada di html 5, akan membuat semuanya menjadi sangat mudah.

Ada hal yang unik sebelum kita memulai dengan menggunakan html 5. Apaan tuh ? yaitu kita bisa menentukan document type dengan mengetikan perintah:

<!DOCTYPE HTML>

ringkas dan lebih spesifik. Biasanya jika kita menggunakan model html 4 maka kita akan menuliskan DOCTYPE secara lengkap sperti ini:

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C/DTD HTML 4.01 Transitional//EN" "http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">

atau jika anda bekerja dengan xhtml :

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C/DTD HTML 4.01 Transitional//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtmll/xhtmll-transitional.dtd">

namun jika anda bekerja dengan html 5 cukup menggunakan:

<!DOCTYPE HTML>

simple kan ?
Previous
Next Post »
Thanks for your comment